Kejaksaan Negeri Wajo Gelar Sosialisasi Layanan Pengaduan masyarakat Sistem Digital Dirangkaikan Dengan Penandatanganan Komitmen Bersama

Kejaksaan Negeri Wajo Gelar Sosialisasi Layanan Pengaduan masyarakat Sistem Digital Dirangkaikan Dengan Penandatanganan Komitmen Bersama

SULSEL

Bertempat di Aula Kejaksaan Negeri (Kejari) Wajo menggelar kegiatan Sosialisasi Layanan Penerimaan dan Penanganan Pengaduan Masyarakat yang dirangkai dengan penandatanganan komitmen bersama, Selasa (23/9/2025).

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Wajo, Andi Usama Harun, SH., MH, didampingi Kepala Seksi Intelijen, Andi Saifulah, SH,MH.

Dalam sambutannya, Kajari menyampaikan apresiasi serta terima kasih atas partisipasi masyarakat dan lembaga kontrol sosial yang aktif memberikan laporan maupun pengaduan terkait dugaan pelanggaran hukum.

β€œPeran serta masyarakat dan pelaku sosial kontrol sangat penting dalam mendukung upaya penegakan hukum. Kami berharap layanan ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan aduan secara langsung dan transparan,” ujar Andi Usama Harun.

Seiring dengan kegiatan sosialisasi tersebut , Kasi Intelijen, Andi Saiful, menjelaskan adanya inovasi baru yang mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aduan. Kini, pengaduan tidak hanya bisa dilakukan secara langsung melalui Pos Pengaduan di kantor Kejari, namun bisa melalui akses juga secara digital lewat aplikasi yang sudah ter integrasi. Dengan aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengetahui tindak lanjut dari laporan yang telah disampaikan.

Dari brosur yang dibagikan pada kegiatan ini, masyarakat dapat melakukan pengaduan dengan jibeberapa cara, mulai dari datang langsung ke Pos Pengaduan Kejari Wajo, mengisi formulir, hingga menggunakan aplikasi digital yang menyediakan menu khusus untuk laporan masyarakat. Tahapan penanganan laporan juga dijelaskan secara rinci, mulai dari penerimaan laporan, verifikasi, hingga tindak lanjut oleh jaksa terkait.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan juga penandatanganan komitmen bersama oleh pihak Kejari Wajo dengan para pegiat kontrol sosial yang sempat hadir bukti menegaskan keseriusan dalam memberikan layanan pengaduan yang cepat, transparan, dan akuntabel.

Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, tokoh, Insang media, dan perwakilan lembaga kontrol sosial yang antusias mengikuti jalannya sosialisasi.

Dengan adanya layanan baru ini dari Kejaksaan Negeri Wajo diharapkan masyarakat semakin mudah dalam menyampaikan pengaduan, sekaligus mendorong Kejaksaan Negeri Wajo untuk lebih terbuka dalam penanganan laporan demi terwujudnya keadilan yang merata.

Publish : SUKMA, SM